Gejala Keputihan Berbahaya dan Pengobatan Dokter

| | 0 Comments

 

Keputihan yang normal memang pada umumnya tidak berbau , tidak berwarna dan tidak menimbulkan rasa gatal di area kewanitaan. keputihan yang berwarna cokelat atau bahkan merah ini biasanya terindentifikasi adanya darah daalam cairan. keputihan adalah keluarnya cairan atau lendir dari vagina. lendir itu diproduksi oleh kelenjar dalam vagina sebagai cara alami sistem reproduksi untuk membersihkan area kewanitaan. 

Gejala keputihan memang umumnya akibat perubahan hormonal ataupun karena aktivitas seksual. keputihan yang terjadi akibat perubahan hormonal pada umumnya adalah keputihan yang normal. sedangkan keputihan tidak normal biasanya timbul akibat kondisi medis tertentu. seiring keputihan yang tidak normal disebabkan karena adanya bakteri, jamur, parasite ataupun infeksi di vagina. keputihan yang tidak normal bisa dilihat dari warna, konsistensi, volume dan bau yang ditimbulkan. Keputihan merupakan cara alami tubuh untuk membersihkan dirinya sendiri dengan melalui peningkatan produksi lendir pada vagina, yang diharapkan sel sel mati , kuman dan berbagai kotoran lainnya yang bisa tersapu keluar. 

Produksi lendir vagina ini memang sebagian besar dikarenakan menjelang haid atau saat hamil sebagai efek samping KB atau hormone dan kepputhan bisa terjadi secara normal. keputihan juga bisa terinfeksi danmengakibatkan gejala seperti nyeri, panas, perih, gatal, berbau, berwarna atau bercampur darah. Infeksi penyebabnya tentu bisa kuman, jamur, parasite dan penyakit menular pada seksual dan keputihan bercampur darah juga menandakan gejala kanker serviks atau mulut Rahim

Lalu bagaimana jika diobati dengan pengobatan dokter ? apakah ada proses pembedahan ??? apabila dokter telah mengetahui penyebab keputihan abnormal anda. Dokter akan memeberikan rekomendasi perawatan sesuai kondisi. Pasalnya, Beda penyebab beda pula penangannya dan pilihan pengobatannya. Oleh karena itu, pengobatan untuk keputihan abnormal sangat bervariasi. Dokter akan mengobati masalah kesehatan yang melatarbelakanginya untuk membantu mengurangi untuk menghilangkan gejala termasuk keputihan.

Secara Umum jenis obat dan perawatan yang dilakuakn yaitu obat antijamur dalam bentuk krim,salep, tablet dan supositoria. Miconazole,ternozole dan flunazole merupakan varian obat antijamur yang kerap diresepkan. Jika gejalanya parah, dosis dan jangka waktu oemakaiannya akan disesuaikan dengan keparahan penyakit. Fluconazole merupakan obat antijamur minum yang diresepkan untuk mengobati infeksi yang parah. Obat ini membantu membunuh jamur diseluruh tubuh. Efek sampingnya juga cenderung ringan yaitu sakit perut dan sakit kepala.

Warning! Obat anti jamur minum yang satu ini biasanya tidak boleh diminum oleh ibu hamil pasalnya ibat ini bisa menyebabkan keguguran atau cacat lahir. Antibiotik juga dapat untuk mengobat infeksi bakteri, dokter biasanya akan memberikan obat antibiotik minum atau krim. Metronidazole termasuk salah satu gel oles yang biasanya dimasukkan ke dalam vagina selain itu clindamycin yang juga baisanya diresepkan untuk sebagai krim oles untuk vagina. untuk antibiotik minum dokter bisa memberikan tinidazole. 

Jika keputihan yang dialami disebabkan oleh kanker serviks salah satu cara ampuh mengobatinya dengan jalan pembedahan dan ada 3 jenis operasi utama untuk kanker serviks yaitu trachelectomy, histerektomi dam pelvis exenteration. Catatan untuk pengobatan medis untuk menghentikan pengobatan lebih awal bisa meningkatkan resiko kekambuhan gejala dan untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di vagina juga menjadi usaha yang akan dilakukan. Salah satu cara alami untuk meningkatkan bakteri baik atau lactobacillus yaitu melalui makannan seperti yogurt dan kandungan lainnya. 

Sumber gambar : amazon.n

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *