5 Mitos Yang Terjadi Saat Puasa

| | 0 Comments

Ketika menjalankan puasa, banyak mitos dan fakta saat puasa yang berkembang di masyarakat. Bahkan beberapa mitos yang berkembang sering meragukan kegiatan beribadah puasa. Beberapa diantaranya tidak menjalankan puasa, karena mitos yang terjadi. Hal yang sangat lucu, karena tidak dikaitkan dengan bukti kebenarannya berdasarkan AlQuran dan hadits yang menjadi pedoman bagi umat islam.

Puasa Ramadhan tahun ini merupakan puasa dengan ujian terberat, karena semua manusia menghadapi pandemi virus Corona. Untungnya aktivitas di rumah bisa lebih menyenangkan dengan bermain internet di rumah. Bermain internet tanpa khawatir pulsa boros, bahkan poin yang dikumpulkannya berkesempatan mendapatkan hadiah. Beberapa testimoninya bisa dikunjungi di www.smartfren.com/wow.

Berikut ini beberapa mitos yang sering terjadi saat puasa dan merupakan mitos dan fakta saat puasa yang sering berkembang di masyarakat. Beberapa diantaranya antara lain:

1. Berkata Kasar

Ketika pertama kali belajar berpuasa, anak-anak sering ditanamkan tentang pendapat yang menyatakan bahwa berkata kasar dapat membatalkan puasa. Sehingga anak-anak akan berkata sopan dan bisa mengingatkan temannya dengan cara yang baik.

2. Kentut

Hal yang tidak ada hubungannya dengan dengan ibadah puasa dalam menahan lapar dan dahaga ini, merupakan mitos yang sering terjadi saat puasa. Kentut bagi sebagian penduduk Indonesia merupakan hal yang tabu, bahkan di antara mitos yang berkembang bisa membatalkan puasa.

3. Berpuasa Bagi Ibu Menyusui

Selintas seperti hal yang memberatkan, namun ternyata berpuasa dapat menjaga kesehatan, terutama untuk ibu menyusui. Ibu menyusui yang berpuasa, secara tidak langsung, ikut menjaga kesehatan sang bayi. Mengenai khawatir kekurangan nutrisi, hanya masalah pergantian waktu jam makan, yang bisa digantikan saat berbuka puasa.

4. Berolahraga Saat Puasa

Sebagian orang menganggap berolahraga saat puasa dapat menyebabkan lemas. Namun ternyata, pendapat tersebut ternyata hanyalah mitos. Berolahraga saat puasa justru dapat membuat tubuh menjadi fit dan bugar.

5. Berpuasa Bagi Ibu Hamil

Mengajari anak beribadah hendaknya dilakukan dari sejak dini, terutama dari sejak dalam kandungan. Oleh sebab itu, pendapat yang menyatakan bahwa ibu hamil tidak boleh berpuasa, itu hanyalah mitos. Ibu hamil berkewajiban untuk berpuasa, selain mengajarkan kebaikan kepada janin juga turut serta menjalankan ibadah dari rukun iman tersebut.

Itulah beberapa mitos dari mitos dan fakta saat puasa yang sering berkembang di masyarakat. Bahkan terjadi kesimpangsiuran, diantara umat islam itu sendiri. Beberapa mitos tersebut pernah berkembang ketika masa kanak – kanak. Hal tersebut wajar, sebagai bagian dari upaya mendidik anak agar dapat bertingkah laku lebih baik, sehingga para orang tua mengembangkan mitos tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *