Mengenal Nasi Kuning dan Resep Nasi Kuning

| | 0 Comments

10 Lauk Pendamping Nasi Kuning yang Paling Enak, Gurihnya Berlipat

Nasi merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Nasi memegang tempat penting dalam budaya negara. Makanan khas Indonesia biasanya terdiri dari aneka nasi dan satu atau dua hidangan utama lauk pauk. Di Indonesia nasi sering dimasak menjadi aneka masakan, dan yang paling sering padi ini dimasak sebagai nasi putih biasa. Berbicara tentang makanan Indonesia sepertinya tidak akan ada habisnya. Nasi Goreng memang terkenal namun ragam hidangan nasi menjadikan makanan Indonesia salah satu masakan terhebat di dunia. Selain nasi goreng ada nasi kuning, nasi kuning adalah salah satu nasi yang melewati metode memasak nasi dengan menggunakan kunyit. Bahan utama dari nasi kuning yaitu kunyit, bawang merah, bawang putih, serai dan santan. Terkadang cengkeh dan daun salam ditambahkan untuk menambah cita rasa pada nasi kuning. Cara masak Nasi Kuning adalah dengan mengolah kunyit segar dalam blender dan mendapatkan sari buahnya dengan cara disaring melalui saringan. Masukkan nasi, air kunyit, dan semua bahan ke dalam panci atau penanak nasi. Kemudian aduk dengan api kecil dan masak sampai nasi matang.

Nasi kuning biasanya menjadi simbol perayaan masyarakat Indonesia. Nasi kuning seringkali disajikan saat festival atau acara lain di Indonesia seperti saat pernikahan, ulang tahun, hari jadi, bayi baru lahir dan acara-acara lainnya. Nasi kuning adalah simbol keberuntungan, kekayaan, dan martabat. Nasi kuning biasanya diisi dengan cetakan berbentuk kerucut, ditemani berbagai lauk seperti sayur mayur, ayam goreng, tahu, tempe, suwiran telur dadar, dan daging sapi. Paket ini populer sebagai Nasi Tumpeng (nasi yag dibentuk kerucut). Nasi tumpeng  bukanlah resep, melainkan sebuah catatan simbolis dari pesta ritual adat, melambangkan kegembiraan dan rasa syukur. Praktek penggunaan nasi tumpeng menjadi populer di kalangan masyarakat Indonesia sebagai apa yang dikenal sebagai prasyarat dalam ritual apa pun. Di Indonesia setiap daerah memiliki varietasnya masing-masing. Orang Manado , Sulawesi Utara, menyajikan nasi kuning dengan abon tuna pedas sedangkan di Kalimantan disajikan dengan protein hewani (telur / ayam / ikan / sapi) dengan kuah merah yang terbuat dari cabai kering yang disebut bumbu habang . Dan ketika kalian pergi ke Bali , pastikan untuk mencoba nasi kuning yang disajikan dengan telur goreng atau sate (ayam atau babi (untuk kalian yang boleh memakan daging babi) yang ditusuk dengan saus kacang).

Namun, bukan berarti kalian harus menghadiri semacam acara-acara dengan adat untuk mendapatkan nasi kuning. kalian dapat dengan mudah menemukan nasi kuning di beberapa daerah “ warung ” atau pedagang nasi kuning di pinggir jalan atau di gerobak , yang biasanya dimakan untuk sarapan. Jika kalian mencari sesuatu yang baru untuk menikmati nasi, Nasi Kuning akan membuat perbedaan besar, rasanya yang gurih dan nikmat ini akan membuat kalian ketagihan akan cita rasa nasi kuning.

Resep nasi kuning:

  • 3 cangkir beras basmati atau 3 cangkir beras melati
  • 5 cm kunyit segar, kupas dan kerok (atau bisa juga menggunakan bubuk kunyit sebagai pengganti)
  • 2 cangkir santan kental
  • 2 Cangkir Air
  • 1 daun salam (Anda bisa menggunakan daun salam sebagai pengganti)
  • 2 daun jeruk purut
  • 1 serai, memarkan atau 2 sendok makan serai bubuk
  • 1 garam sendok teh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *