Cara Yang Bisa Anda lakukan Untuk Membuat Anak Pintar Sejak Dini

| | 0 Comments

Tips jadi orangtua

Melihat anak orang lain begitu pintarnya pasti membuat anda ingin juga. Nah anda jangan salah sangka jika mereka pintar dengan sendirinya. Kepintaran pada anak tentunya berasal dari apa yang dilakukan dan diajarkan orang tuanya. Jadi anak pintar adalah peran keberhasilan dari orang tuanya. Mengajarkan banyak hal pada anak jangan takut untuk dimulai sejak dini. Jadi meskipun anak anda masih berudia 1 sampai 5 tahun atau balita, ajarkan saja banyak hal. Pintar sejak dini tidak ada salahnya dan tidak merugikan. Tentu saja ajarkan sesuai dengan umurnya. Jangan juga mengajarkan perkalian untuk anak tiga tahun. Ajarkan hal kebiasan juga bisa menjadikan anak pintar. Tanpa berlama lagi, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat anak anda pintar sejak dini seperti yang dilansir oleh portal berita limapagi.com.

  • Mendukung Hobi Anak Anda

Pemaksaan pada anak memang tidak diperbolehkan. Pemaksaan pada anak akan membuat mereka justru tidak berkembang karena anak merasa tertekan. Jika sudah tertekan anak anda akan menjadi anak yang malas untuk melakukan. Kalau sudah malas tentu akan membuat anak tidak pintar.  Nah maka anda lihat apa hobi anak anda sejak kecil. Jika memang hobi anak anda adalah menyanyi, terus dukung anak anda untuk menyanyaikan banyak lagu. Jika anda anda tidak suka menulis atau menggambar misalnya, jangan memaksa. Cari tahu anak anda suka apa. Jika hobi anak anda adalah berlari, maka dukung dan jangan melarangnya. Anak akan mencari tahu lebih hobinya dan akan mengambangkannya.

  • Memilih Mainan Yang Anak Anda Sukai

Ketika pergi ke toko mainan, anak pasti akan membeli mainan yang mereka sukai. Meskipun hanya mobilan terus menerus, dukung saja. Jadi jangan mmelarangnya dan mengubah pilihan anak. Mainan yang anak anda sukai bisa menjadi anak untuk menjelajahi banyak hal. Jadi jangan ragu untuk mendukung pilihan mainan yang anak anda sukai. Mainan bisa menjadi pemicu anak untuk menciptakan ide. Jadi jangan memaksakan mainan yang tidak anak anda sukai. Terkadang itu hanya keinginan kita saja anak kita padahal tidak menyukainya.

  • Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga memang bisa diajarkan pada anak sejak dini. Hanya dengan melompat di atas kasur juga bisa menjadi olahraga pada anak usia dini. Tidak harus membeli alat yang mahal untuk membuat anak berolahraga. Cukup dengan hal kecil juga bisa membuat anak anda berolahraga. Berlari kecil sambil main ucing sumput juga bisa menjadi olahraga. Ajak anak jalan pagi juga bisa menjadikannya rutin berolahraga. Dengan rutin berolahraga anak akan menjadi disiplin. Disiplin adalah salah satu hal yang membuat anak anda cerdas. Jadi jangan lupa untuk ajarkan anda rutin berolahraga.

  • Ajarkan Bahasa Selain Bahasa Pertama

Bahasa pertama adalah Bahasa utama yang dikuasai anak. Bahasa utama adalah Bahasa yang juga sering dipakai oleh anda dan orang rumah. nah bagi kita orang Indonesia, Bahasa pertama anak adalah Bahasa Indonesia. Anak pasti sangat menguasasi Bahasa Indonesia. jika begitu, mulai ajarkan Bahasa selain Bahasa pertamanya. Ajarkan Bahasa inggris misalnya untuk hal-hal yang kecil. Kemudian ajarkan juga Bahasa daerah darimana anda asal misalnya. Dengan mengajarkan Bahasa-bahasa tersebut anak akan menjadi anak yang pintar sejak dini. Meskipun tidak semuanya, tapi anak memahami beberapa kata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *